Book Review: Losta Connecta oleh Andhyrama

Maret 23, 2018

Judul: Losta Connecta
Penulis: Andhyrama
ISBN: 978-602-1097-72-4
Editor: Muhajjah Saratini
Setting & Layout: Harido
Ilustrator: PhiliaFate
Desain Sampul: Aras November
Penerbit: My Vibes (Imprint Buku Pintar Indonesia)
Cetakan Pertama: Februari 2018
Rating: ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ

☀️☀️☀️


Blurb:

Losta Connecta adalah ungkapan yang entah dari mana datangnya dan sedang jadi topik utama di hidupku. Ungkapan itu digunakan untuk situasi ketika dua pihak yang menjalani hubungan mengalami kesalahpahaman.
Itu yang aku alami sekarang.

Aku Lana Anggarda Praja. Baru saja putus dengan Ratna dan sedang dalam proses move on yang tampaknya belum juga berhasil.

Sampai muncul Hana Paramita. Tidak cuma cantik dan lucu, ia juga susah ditebak karena responsnya sering rancu.

Perjuangan mendapatkan cinta memang tidak mudah. Ada banyak saingan yang perlu diperhitungkan, mantan malah datang tanpa diundang, juga cinta tak terduga yang diungkapkan. Belum lagi, ternyata ada yang berusaha mencelakakan Hana.

Ini gawat.
Aku harus segera bertindak.

☀️☀️☀️

Review:


Rasanya aku ingin mengantonginya, lalu aku bawa pulang. Kalau lihat dia terus aku bisa komplikasi; diabetes karena dia terlalu manis, gagal jantung karena auranya memukul detakanku, kanker otak karena pikiranku sepenuhnya terisi olehnya.

Lana Anggada Praja, sang kakak kelas (panitia MOS alias anak OSIS) yang jatuh hati pada si gadis aneh bernama Hana Paramita. Awalnya Angga tidak bisa move on dari mantannya, Ratna. Tapi setelah melihat Hana di kereta, dia langsung suka pada wajahnya yang menawan dan senyumnya yang menggetarkan jiwa itu. Dan ternyata, Hana adalah adik kelas(baru)nya Angga.

👀 Memakai sudut pandang orang pertama dari tokoh Angga. 👀

Sedikit mengingatkan pada buku yang dimana si cowok ngejar-ngejar si cewek dengan melakukan hal-hal yang aneh. Bedanya, di sini si cewek lah yang suka ngomong ngawur. Ditanya apa, dijawab apa... Duh, ngeselin banget, kan. Eh, tapi sebenarnya, Angga juga aneh, deh, kalau dipikir-pikir. Dia langsung suka sama Hana dari penampilannya, dan langsung ngejar dia dengan melakukan hal gila. Untung ganteng, ya? Haha! Buktinya, ada tokoh Sella, cewek yang genit minta ampun tapi lucu. Logat betawi-nya kental banget. Sella yang merupakan murid baru sekaligus teman Hana ini tergila-gila pada Angga. Bahkan dia memiliki nama panggilan khusus untuk Abangnya itu! Leluconnya sukses bikin aku senyum-senyum sendiri. Tapi Hana bikin aku kesal!


Bagiku Hana lebih dari sekadar cantik, dia luar biasa, lucu dan menggemaskan. Kata-kata yang keluar dari mulutnya selalu di luar dugaanku dan itu yang membuatnya unik.

Aku paling suka dialog-dialog Hana dan Angga. Walaupun jawaban Hana sering kali lari dari pertanyaan, tapi memiliki kesan lucu tanpa terdengar begitu aneh dan cringy. Nih, aku kasih cuplikannya!
👦: Kamu cantik.
👧: Ibuku paling cantik.
👦: Pasti ibumu bidadari.
👧: Aku bukan Marshanda.

Ngaku! Siapa yang pernah nonton sinetron Bidadari? Seingatku, dulu (pas jaman TK kali, ya?) aku selalu ngikutin sinetron ini. Nah, pada cuplikan dialog di atas, Hana ngomongnya lumayan nyambung nih sama Angga. Bahasanya unik banget, memang. Lalu, ada banyak lagi (tentunya) dialog aneh ala Hana.

Memenangkan hati Hana itu tak mudah. Angga memiliki banyak saingan dan harus melewati restu dari kakaknya Hana, Bang Haris. Tidak hanya membahas mengenai kisah cinta Angga dan Hana, Losta Connecta juga membahas mengenai kisah cinta tokoh-tokoh lain. Ada konflik antara Risa dan Gio, Kina, Sella, dan lainnya.


Seorang lelaki pasti pernah membuat perempuan menangis walau hanya sekali yaitu membuat ibunya menangis saat melahirkannya. Akan tetapi, lebih baik membuat perempuan selalu tersenyum di depan kita, itu artinya kita membawa kebahagiaan.

Ada banyak ilustrasi imut di dalam buku ini. Lucu! Sayangnya, ada beberapa kelemahan. Teks yang merupakan SMS tidak begitu dibedakan. Lalu, sampai di pertengahan buku ada bagian yang memakai font dan ukuran yang berbeda. Namun, hal-hal itu tidak terlalu menggangguku saat membacanya.


Ungkapan losta connecta berarti putus koneksi, itu merujuk pada komunikasi orang yang terkadang terlambat hanya karena kesalahpahaman. Seperti aku dan kamu, kita banyak salah paham, semoga setelah ini tidak ada losta connecta di antara kita, ya?

Secara keseluruhan, ceritanya sangat menarik. Sebagai novel fiksi remaja, konfliknya pas sekali—tentang cinta, persahabatan, dan keluarga. Karakter setiap tokoh pun sangat bagus dan memukau. Humor yang dimasukkan ke dalam buku juga sangat pas. Receh banget! Hanya saja, beberapa memang terdengar agak garing. Akhir dari cerita pun juga ditutup dengan sangat baik. Aku sangat suka dengan pesan positif yang ingin disampaikan penulis pada bagian ending ini. Sangat setuju!


Ini sebuah kisah tentangku, tentang dia, dan tentang orang-orang di sekitar kami. Kisah yang penuh dengan salah paham, penuh dengan kekonyolan dan ketidakpekaan.

Sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka romance-comedy remaja dengan konflik ringan dan cerita yang manis.

Terima kasih kepada (instagram) @andhyrama, @bukupintarindonesia, dan @tourianpeekybook yang sudah mempercayaiku untuk mengulas buku ini. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.