Book Review: Lost World oleh Rania Thahirah

Desember 23, 2017

Judul: Lost World
Penulis: Rania Thahirah
Penerbit: Shira Media
Tebal: 444 halaman
ISBN: 978-602-6657-66-4
Rate: 🌟🌟🌟🌟
🌞🌞🌞

Blurb:
Tahun 3027. Perang Dunia III yang terjadi bertahun-tahun silam membawa dampak yang begitu besar pada dunia. Dua kubu organisasi tercipta: Zystrome yang memegang teguh nilai persatuan, kesatuan, kekeluargaan dan toleransi antar berbagai bangsa dan negara di dunia, serta Cloakship yang begitu tiran. Dunia tidak lagi seaman dulu, militer Zystrome berada di mana-mana, pemberontakan seringkali terjadi, hingga teror-teror dari musuh setiap tahunnya.

Seorang remaja berusia lima belas tahun terjebak di salah satu markas Zystrome dan menjadi kunci terungkapnya misteri lain. Hidupnya tak pernah sama lagi semenjak ia tak sengaja terjebak di sana, diikuti peristiwa lain yang juga ikut muncul.

Kill, or be killed? Because this is a lost world.



Review:
Mengapa manusia hanya tahu 'Istirahat Dalam Damai', bukan 'Hidup Dalam Kedamaian'?  hlm 283

Nama gadis itu Nilou Rebel Kozior, singkatnya Lou. Gadis piatu 15 tahun yang seumur hidupnya tidak pernah bertemu langsung dengan ayahnya yang merupakan tentara "hitam" Zystrome. Lou tinggal bersama paman, bibi, dan kakak sepupu laki-lakinya—yang masuk ke militer Zystrome—di Ohio.

Suatu hari di saat Lou ingin cepat tidur karena ingin begadang nonton film "jaman dahulu", ia malah diajak pamannya pergi ke pelabuhan. Setibanya di pelabuhan, Lou yang sebelumnya sibuk memfoto pemandangan, harus mengejar seekor kucing karena kucing itu mengambil beanienya yang terbang dibawa angin. Terlalu fokus mengejar kucing liar itu, Lou tidak memperhatikan kemana langkahnya itu membawanya. Lou terjebak di dalam kapal milik Zystrome, terkunci, dan dituduh penyusup.

Lou diinterogasi oleh seorang Green Army yang bernama Jared, yang tak lama akrab dengannya dan 6 orang teman satu kamar Jared lainnya yang percaya dengan alasannya terjebak di kapal. 


Lou juga bertemu dan akrab dengan Lucy, seorang perancang senjata yang memiliki hobi yang sama dengannya. Mereka suka menonton film "jaman dahulu" dan juga membaca buku. Di tahun 3027 ini, tidak ada lagi yang memproduksi film. Begitu juga lagu. Untungnya masih ada yang menerbitkan buku walau hanya dalam bentuk soft copy di tablet. Robot-robot tentu ada, tapi hanya digunakan untuk hal-hal yang sangat penting. Hal yang satu ini bertujuan agar manusia tetap aktif; tidak menjadi malas dan bodoh.


Jared Borden berasal dari Texas, sama halnya dengan Lucy, yang membuatnya selalu digoda oleh Ezekiel dan yang lainnya. Ezekiel dan Brandon sendiri harus meninggalkan pujaan hati mereka karena masuk militer, sedangkan Jared bisa "satu benteng" dengan pacarnya😂.

Sifat Jared adalah yang paling berbeda diantara kawan sekamarnya yang lain. Jared bersifat dingin dan jutek dengan mata biru esnya, sedangkan yang lain (terutama Ezekiel si Amerika-Rusia) bersifat humoris. Ezekiel sering dipertanyakan (terutama oleh Jared dan Lucy) mengapa ia bisa jadi tentara Zystrome dengan tingkahnya yang kekanak-kanakan.

***

Tau, nggak? Penulisnya masih muda, loh! Masih 14 tahun!!! Salut banget deh sama penulis muda gini. Aku yang lebih tua udah bisa nulis apa? Diary? :")/lupakan ini😂.

Buku ini juga menjadi buku science-fiction: dystopia, jebolan Wattpad pertama yang kubaca—disaat genre romance ala Wattpad sudah lama berkeliaran di mana-mana/lah. 

Aku suka dengan gaya tulis Rania. Bahasanya ringan dan mudah dibaca. Ngalir aja, gitu😂. Dituduh penyusup, padahal sedang dapat "sial". Seharusnya dia sedang santai di rumah sambil movie marathon! Kasihan banget, ya, si Lou ini😂. Setelah diinterogasi pun, masih ada yang tidak percaya. Dan akhirnya dia di"tahan". Karakter Lou ini "masa bodo". Motto hidupnya saja: I'm rebellious and I love it! Sesuai dengan namanya, ya.

Walaupun berlatar waktu pasca Perang Dunia III dengan dunia yang berbeda seperti sekarang, pembaca tidak dibuat bingung. World buildingnya bagus! Seperti hidup. Semuanya tentang dunia Lost World ini sudah dipersiapkan secara rinci. Juga menggunakan sudut pandang orang ketiga, jadi pengetahuan pembaca juga bisa lebih "luas" tentang kejadian-kejadian yang terjadi.

Nah, selain mereka, ada banyak tokoh-tokoh lain. Saat membaca buku ini, semua nama-namanya diingat dengan baik yaa biar nggak ketuker😁. Bukunya lumayan tebal, nih. Total sampai belakang ada 444 halaman!

Well, di bagian awal-awal, alurnya mungkin terasa agak lambat karena progress Lou ditahan itu lama banget. Terbantu dengan karakter yang kocak. Untungnya, memasuki pertengahan cerita, ada banyak kejutan dan adegan yang malah bikin aku baca nonstop!

Masih ada beberapa typo. Misalnya ada yang satu kata itu kurang huruf, dan awalan kalimat yang tidak kapital. Tapi masih wajar, kok. Nggak "berserakan" dan juga nggak begitu mengganggu pengalaman membacaku.

Dunia yang dibuat oleh penulis benar-benar bagus. Namun, bukan hanya adegan-adegan perang melawan musuh, ada banyak pesan-pesan bagus yang ingin disampaikan oleh penulis melalui perang antara Zystrome dan Cloakship. Tentang keluarga, diskriminasi, dan bagaimana kedamaian di dunia tak perlu dipaksakan lagi.

Sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka science-fiction, tentunya. Juga untuk pembaca yang suka cerita tentang keluarga, dan perdamaian dunia. Semuanya harus baca! Buku Wattpad pertama yang aku baca dengan genre sci-fi dan pesan yang sangat positif!


Terima kasih untuk (instagram) @tourianpeekybook, @bybcool, dan @shiramedia yang telah memberiku kesempatan untuk membaca dan mereview buku keren ini! 🌞🌞🌞

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.